Senin, 01 Oktober 2012

Pertemuan ke 2                                                                      Jum'at, 21 September 2012

HASIL OBSERVASI

Hasil wawancara yang telah dilakukan mengenai media pembelajaran yang ada di Sekolah Dasar tersebut terdapat beberapa media yaitu komputer, laptop, LCD, jaringan internet, buku, papantulis, alat peraga IPA IPS dan Matematika.
Tetapi fasilitas yang ada tidak sesuai/tidak memadai untuk semua kelas karena hanya terdapat satu LCD saja. Dan tidak semua guru mempunyai keterampilan untuk mengoprasikan media-media tersebut. Beberapa guru memilih untuk menggunakan buku dan papantulis, sehingga pemanfaatan fasilitas tidak maksimal.
Padahal media LCD membuat siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran, karena mempermudah siswa untuk memahami materi yang disampaikan secara visual, dam mempermudah guru dalam menyampaikan materi.
Fungsi dari media pembelajaran itu sendiri adalah media komunikasi untuk membantu dalam proses belajar mengajar dan sarana untuk menyampaikan informasi atau materi pembelajaran.


Refleksi Minggu ke 2

Kegiatan perkuliahan diskusi di dalam kelas sesuai alur skenario. Membahas tentang media pembelajaran.
Aktivitas belajar, guru menyampaikan materi dengan menggunakan media pembelajaran. Pembahasan terkait dengan hasil observasi yang telah dilakukan disalah satu Sekolah Dasar.
Hasil diskusi, bahwa media pembelajaran sangat berguna untuk membantu guru dalam menyampaikan materi agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan. Contoh media pembelajaran yaitu LCD, OHP, laptop dll. Dengan adanya media pembelajaran maka proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan tidak membosankan.

Kekhawatiran
Saya merasa perkuliahan Media dan Sumber Belajar Berbasis ICT ini sedikit agak kesusahan, karena proses perkuliahan yang seperti ini sangat berbeda dengan proses perkuliahan mata kuliah yang lain, benar-benar mengandalkan ICT. Dan hal ini baru saya dapat pada mata kuliah Media dan Sumber Belajar Berbasis ICT. Namun proses di dalamnya sangat menyenangkan.
Harapan saya harus bisa menyesuaikan diri dengan sistem perkuliahan yang seperi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar