Laporan Observasi
Isi
Laporan : Hasil
Observasi SD Negeri Karangtengah IV dalam Penggunaan Media Pembelajaran.
Judul
Topik : Penggunaaan
Media Pembelajaran dengan Alat Peraga Bangun Ruang Kelas VI SD.
Lokasi
observasi : SD
Negeri Karangtengah IV
Hasil
Diskusi :
1.
Latar Belakang Media Pembelajaran
Pada
dasarnya tingkat pola pikir anak berkembang sesuai dengan usia perkembangannya.
Khususnya dalam usia SD, pola pikir ataupun logika untuk menerima suatu materi
yang bersifat abstrak (kelas VI) belum cukup mampu untuk dapat mengimajinasikannya.
Sehingga dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah media pembelajaran, guna
memperlancar proses pembelajaran dan siswa tidak salah persepsi dalam menerima
materi yang disampaikan.
Yang dimana
pentingnya sebuah media pembelajaran adalah untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas pembelajaran, selain itu juga sebagai alat guna mencapai tujuan
dari pembelajaran. Oleh karena itu berdasarkan hasil observasi di SD Negeri
Karangtengah, guru beranggapan bahwa media pembelajaran sangat berperan penting
dalam kelancaran proses belajar mengajar.
Seperti
materi bangun ruang dikels VI SD Negeri Karangtengah. Guru menggunakan alat
peraga dalam proses pembelajaran, seperti kubus, balok, bola (bulat), piramid
dll yang terbuat dari kayu. Guru menggunakan media yang dapat memperjelas penyampaian
materi dan siswa dapat memahami materi yang diberikan guru.
2.
Alasan Penggunaan Media Pembelajaran
ALASAN MEMAKAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA
ALAT PERAGA BANGUN RUANG KELAS IV SD
ü
Ditinjau
dari segi peserta didik :
1. Agar siswa dapat
membayangkan berbagai bangun ruang secara tepat.
2. Memperjelas
pandangan siswa tentang bentuk bangun ruang.
3.
Diharapkan
siswa dapat membedakan berbagai bentuk bangun ruang dengan bangun datar.
4. Diharapkan
dapat meningkatkan kreatifitas dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran.
5.
Siswa dapat
memberikan contoh berbagai bangun ruang selain yang ditunjukkan dengan alat
peraga.
ü
Ditinjau
dari segi Guru :
1.
Mempermudah guru dalam menyampaikan
materi terkait bangun ruang.
2.
Memotivasi
guru untuk lebih berfikir kreatif disetiap pembelajaran.
3.
Merubah pola
fikir siswa bahwa sekolah itu menyenangkan dengan salah satu cara yaitu dengan
interaksi secara langsung.
4. Menambah
minat belajar dan rasa ingin tahu siswa.
5.
3.
Analisis (Berdasarkan Kriteria Pemilihan Media)
Media : Alat Peraga Bangun Ruang
Termasuk dalam kriteria pemilihan media :
·
Demonstration
Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk
mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, bentuk, volume dan lain-lain. Dalam menyampaikan materi, guru mengenalkan
bagun-bangun ruang,meberikan rumus dalam mencari volume,luas selimut, luas
alas, tinggi bangun ruang dengan hubungan rumus phytagoras dll. Mekanisme
pembelajarannya guru menjelaskan sambil menunjukkan alat bantu peraga sesuai
jenis dan kegunaanya. Kemudian siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi
dalam suatu kelompok belajar.
4.
Posedur pemilihan media pembelajaran
Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Karangtengah IV dapat disimpulkan
bahwa media yang digunakan termasuk prosedur assure karena :
1.
Sebelum guru
menggunakan media guru melakukan analisis terhadap karekteristik siswa
2.
Guru menentukan
pembelajaran yaitu siswa diharapkan menguasai materi tentang ukuran ,bentuk dan
volume bangun ruang dan lainnya.
3.
Guru membuat
alat peraga berupa miniatur bangun ruang dengan memanfatkan limbah kardus.
4.
Alat peraga
ini digunakan pada proses pembelajaran.
5.
Setelah guru
menggunakan media ini, siswa memberikan respon positive mereka aktif
dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
6. Meberikan
evaluasi kegunaan alat peraga,apa ada yang harus dibenahi atau tidak.
7.
Kemudian guru
memberikan soal latihan untuk mengetahui penguasaan materi jika siswa dapat
mengerjakan soal tersebut dengan benar, ini membuktikan bahwa alat peraga
tersebut efektif dan efisien untuk proses pembelajaran.
Peserta Diskusi :
1.
Remanda Puspita Sari ( 11005078 )
2.
Awali Fitriatus S. ( 11005079 )
3.
Kurniawan Milia S. ( 11005083 )
4.
Ibnatun Atsila S. ( 11005085 )
5.
Fitri Arum K. ( 11005093 )
6.
Susi Sutini ( 11005103 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar